Home » Kurikulum Teknik Informatika

Kurikulum Teknik Informatika

Kurikulum Jurusan Teknik Informatika disusun berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, APTIKOM, Computing Curricula 2005 (CC2005), BSNP, serta Statuta Universitas Siliwangi. Adapun secara khusus Statuta Universitas Siliwangi pada bab V pasal 17 menyatakan bahwa kurikulum sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) berpedoman pada kurikulum inti yang berlaku secara nasional atau kurikulum yang disepakati konsursium bidang ilmu masing-masing ditambah dengan muatan lokal yang mengacu kepada pola ilmiah pokok Universitas Siliwangi, dan mendapat persetujuan Senat Universitas. Kurikulum yang diberlakukan pada Jurusan yang dibina oleh masing-masing Fakultas dilingkungan Universitas Siliwangi mengacu kepada ketentuan dan peraturan pemerintah yang berlaku.

Pada awalnya, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi internal pada tahun 2003, kurikulum Jurusan Teknik Informatika lebih banyak memiliki muatan warna teknik komputer disamping muatan sains komputer yang menjadi koridor utamanya. Kemudian sejalan dengan peninjauan kurikulum yang terjadi pada tahun 2007, muatan sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak mulai ditambahkan sehingga menjadi warna minat studi tambahan selain minat studi lain yang telah ada. Saat itu penyelarasan visi misi lembaga dengan visi misi Jurusan sudah mulai direalisasikan kedalam kurikulum, yaitu dengan menambahkan beberapa mata kuliah wajib institusi yang memiliki muatan yang selaras dengan visi misi lembaga, namun muatan mata kuliah lokal Jurusan saat itu belum ada.

Berdasar pertimbangan SDM, Laboratorium dan kebijakan politis internal lembaga, maka pada peninjauan kurikulum 2011 Teknik Informatika Universitas Siliwangi menetapkan koridor penguatan penyelarasan visi, misi lembaga dengan visi, misi Jurusan yang direalisasikan kedalam kurikulum, yaitu menetapkan beberapa mata kuliah wajib muatan lokal Jurusan yang menunjang realisasi visi, misi lembaga, selain mata kuliah kewirausahaan dan kuliah kerja nyata yang merupakan mata kuliah wajib institusi. Namun demikian untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan industri, maka sejumlah materi penting pada sub disiplin rumpun keilmuan informatika mulai diakomodasi dalam bentuk pengayaan mata kuliah pilihan pada sub disiplin/ jalur pilihan mata kuliah yang telah ada. Pengayaan matakuliah pilihan dilakukan dengan mengelompokkan mata kuliah pilihan kedalam Kelompok Keahlian (KK) atau jalur pilihan bagi mahasiswa, dengan jumlah sks dan pilihan matakuliah yang lebih banyak bila dibandingkan dengan kurikulum 2007. Minat studi yang telah dimunculkan pada kurikulum 2007 dijadikan sebagai modal untuk penguatan dan pengembangan di kurikulum 2011 sehingga body of knowledge dari Teknik Informatika Universitas Siliwangi akan semakin tersusun dengan baik.

Rincian struktur mata kuliah dalam Kurikulum Teknik Informatika Universitas Siliwangi dapat diunduh pada link berikut :    Kurikulum IF UNSIL Publish v.2