Kuliah Umum Keamanan Informasi dan Forensika Digital

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillah telah terlaksana Kuliah Umum dengan tema : “Keamanan Informasi dan Forensika Digital”  yang diselenggarakan oleh kolaborasi antara Universitas Islam Indonesia (UII) dan Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi, dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu:

1. Moh. Idris, S.Kom., M.Kom (Dosen UII dan memiliki Certifie Ethical Hacker)

2. Dr. Yudi Prayudi, S.Si., M.Kom (Dosen UII, Kepala Pusat Studi Forensika Digital UII, Konsultan ISO 17025 Lab Digital Forensik dan Ahli ITE)

Dengan Moderator Siti Yuliyanti, S.T, M.Kom 

Kuliah umum telah dilaksanakan pada tanggal 22 November 2023 di Auditorium Data Center Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Kampus 2 Mugarsari dengan dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri dari oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Informatika.

Penyampaian materi pertama tentang “Anti-Forensika” yang disampaikan Bapak Moh. Idris, beliau secara garis besar menyampaikan bahwa Anti-Forensika merupakan suatu metode untuk membuat pelaku Forensics Investigator kesulitan dalam melaksanakan tugasnya seperti prosedur untuk menyerang kehandalan bukti digital. Beberapa teknik Anti Forensic yang sering dilakukan diantaranya Data Hiding (enkripsi, steganografi), Artifacts Wiping atau dikenal dengan penghapusan file permanen, Trail Obfuscation (misal merubah propertis waktu) dan beberapa metode lain terlampir dalam file materi.

Sedangkan materi kedua tentang “Data Breach and Cyberspace”, yang disampaikan Dr. Yudi Prayudi, Beliau merupakan ahli UU ITE dan sudah berhasil menyelesaikan 100 kasus tentang ITE. Pembahasan materi tentang Cyber Security, Digital Universe, Digital Lifestyle, The power of Social Graph sampai dengan Data Breach yaitu dengan mencoba situs https://haveibeenpwned.com yang dapat mengcheck akun email kita teridentifikasi breach atau tidak.

Kuliah umum, selain penyampaian materi diselingi dengan quiz dan diakhiri dengan sesi tanya jawab, dan mendapat respon aktif dari peserta baik dosen maupun mahasiswa turut aktif bertanya. Alhamdulillah acara berjalan dengan cukup lancar tanpa kendala yang berarti. Peserta antusias terhadap materi yang disampaikan pada kuliah umum dikarenakan sesuai dengan bidang keilmuan yang diberikan di Prodi Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi.

Untuk Materi Kuliah Umum dapat diakses pada link berikut: Anti-Forensika, Data Breach and Cyberspace.

Terlampir beberapa dokumentasi kegiatan selama berlangsung.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 202 total views,  3 views today

feel free to contact me.. 08.00~16.00 WIB
macbook servis - anamur escort -

teknik seo

- viewer bot
X